Sabtu, 04 Juli 2020

JASA KONSULTAN RESTO INDONESIA I 0812 8811 5191


Bisnis =Konsistensi



JASA KONSULTAN RESTO INDONESIA I 0812 8811 5191

Konsistensi Membawa Percepatan Pada Apapun Termasuk Performance Bisnis Anda.
Dalam tulisan ini saya coba berbagi dengan anda semua berdasar pada ilmu yang sedikit yang saya miliki dan pengalaman yang saya dapati ketika berhadapan dengan semua problem yang terjadi di hampir setiap unit bisnis terkhusus bisnis layanan dan kuliner atau biasa orang-orang mengenalnya food & beverage.
Kalau saya analogikan ini sama dengan ketentuan Allah Tuhan semesta alam. Tuhan lebih menyukai umatnya yang beribadah dengan konsisten walau hanya sedikit atau yang wajib- wajibnya saja. Tuhan tidak menginginkan kita beribadah hari ini berlebih- lebihan atau kebanyakan tetapi justru besoknya kita menyerah karena tidak bisa konsisten menjaga porsi ibadah tadi yang sudah pertama kali kita niatkan dan kita jalani.

Begitu juga dengan dunia bisnis. Customer atau pelanggan juga lebih  menyukai dan mengapresiasi ketika bisnis layanan maupun kuliner tersebut bisa menjaga konsistensi performa layanan dan produknya dengan seksama. Sebagai contoh, untuk bisnis layanan telah di tetapkan sesuai prosedur bahwa mereka harus melakukan greeting terhadap setiap customer atau pun guest yang bertamu ke RESTOURANT atau unit bisnis mereka. Ternyata setelah beberapa waktu layanan greeting yang sudah di apresiasi guest dan customer tersebut tidak dilakukan lagi oleh staff yang telah ditunjuk oleh atasannya sesuai dengan posisi dan job desk mereka. Apa yang akan terjadi. Pertama guest atau customer pasti akan kaget dan bertanya- tanya. Kenapa ini?. Biasanya saya atau kami berkunjung ke resto ini kami di greeting dengan ramah dan sopan membuat kami senang dan ingin lagi untuk berkunjung ke resto ini. Tapi sekarang apa yang terjadi. Mereka sudah tidak menerapkan itu lagi. Yang ada di benak customer adalah muatan negatif yang menyatakan kualitas dari servicenya telah menurun dengan drastis. Atau mereka berpikiran ini pasti kebijakan atas aturan atau kepemimpinan yang baru yang kurang competent dan credible.


Contoh lain. Misal ada produk makanan yang biasanya disajikan dengan porsi yang cukup sesuai dengan standar presentasi yang mengagumkan, rasa yang fantastis yang dapat membuat customer ketagihan dan membuat customer untuk kembali dan kembali lagi ke resto tersebut. Tapi sekarang hal itu semua telah hilang. Makanan yang disajikan sudah tidak memenuhi porsi yang cukup lagi sesuai standar. Presentasi atau penyajian yang kotor atau amburadul acak- acakan yang sama sekali tidak eye-catching lagi. Rasa yang tidak seperti dulu lagi yang membuat lidah customer terbelalak untuk menikmati makanan yang ada di resto tersebut. Pastinya customer yang sudah menjadi langganan yang biasa disebut regular customer pasti akan kecewa dan merasa resto tersebut sudah tidak qualified lagi untuk di kunjungi dan menjadi RESTO FAVORITE bagi mereka lagi.

Penyebab ini akan menjadi penyakit yang akan menggerogoti resto tersebut hingga pada akhirnya akan kehilangan regular customer mereka dan juga akan menurunkan angka new customer mereka yang berniat berkunjung untuk menikmati dan mencicipi makanan dan minuman yang sudah mendapat tempat di hati para langganannya.
Penurunan kualitas dan kinerja layanan dan produk ini yang tidak bisa menjaga konsistensinya akan berdampak secara langsung pada sales performance atau kinerja penjualan bisnis tersebut yang cepat atau lambat kalau tidak di follow up dan diadakan action terhadap penyakit ini akan sangat berdampak buruk terhadap keberlangsungan resto ini. Dengan kata lain, resto ini akan mengalami chaos atau kebangkrutan yang akan menghampirinya.

JASA KONSULTAN RESTO INDONESIA I 0812 8811 5191

Jadi kesimpulan dari semua ulasan saya ini, terkhusus buat owner atau pemilik bisnis terutama restaurant, cafe,  bar dan sejenis harus bisa mencium ketidak- konsistenan kinerja bisnis anda. Anda harus jeli dan harus bisa mencium ketidak-beresan kinerja sumber dayanya dan dengan cepat di review dan di follow-up sekaligus diambil tindakan yang tepat dalam menyikapi dan mengobati penyakit yang akan menggerogoti unit bisnis anda.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah penyakit inkonsistensi ini muncul dalam unit bisnis anda.
Pertama, anda harus perhatikan objek yang berada dalam lingkaran unit bisnis anda. Objek disini berupa aturan, kebijakan, prosedur standar termasuk perangkat keras pendukungnya yang akan atau telah di tetapkan di unit bisnis anda untuk diimplementasikan.
Kedua, anda perhatikan prediketnya. Seperti apakah semua objek diatas telah diimplementasikan.apakah sudah sesuai dengan kerangka kerja dan program dan keinginan perusahaan dalam mencapai tujuan dan kejayaan. Bagaimana objek tersebut diterapkan, dijalankan serta disosialisasikan dalam lingkungan kerja. Apakah penerapannya sudah memenuhi standar atau belum.
Ketiga, perhatikan subjeknya. Artinya, siapa sumber daya yang akan mengaplikasikan dan mengimplementasikan semua objek tadi dalam operasional di lapangan. Apakah subjeknya sudah memenuhi syarat apa belum. Apakah subjek memiliki competency yang cukup untuk menerjemahkan semua objek tadi dengan efektif dan efisien dilapangan.



Jika anda membutuhkan refreshment dalam bentuk rekomendasi- rekomendasi, anda dapat bertukar pikiran dengan orang yang kompeten yang memiliki ilmu dan pengalaman sesuai dengan jenis bisnis anda atau kalaupun anda sulit menemukan orang yang tepat, anda dapat berkonsultasi dengan Jasa konsultan yang berintegritas dan memiliki product dan knowledge yang cukup dan dapat dipertanggung-jawabkan sehingga anda tidak membuang-buang waktu dan uang untuk segera menyelesaikan permasalahan bisnis anda demi sustainability bisnis anda kedepan.
Saran saya, anda dapat memilih konsultan-konsultan Resto yang sudah teruji ilmu dan pengalamannya. Jadi bukan hanya berdasar pada teori semata atau bersifat apriori. Lebih baik anda kehilangan beberapa "penny"untuk  waktu sekarang demi mengobati penyakit yang menggerogoti bisnis anda ketimbang anda mengalami kerugian yang nilainya fantastis karena resto anda harus tutup atau divonis bangkrut. Hubungi Kami JASA KONSULTAN RESTO INDONESIA I 0812 8811 5191. Yang siap memberikan konsultasi untuk seluruh Indonesia.

Penulis: Konsultan F and B senior Mr. Alan




Share:
Lokasi: STC Senayan, 4th fl, Suite 31-34 Jl. Asia afrika, senayan RT.1, RT.1/RW.3, Gelora, Jakarta, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Indonesia
Memegang teguh nilai nilai etika dan Nasionalisme. Kejujuran dalam membemberikan informasi dan pengetahuan kepada Klien itu HARUS. Jangan ambil yang bukan HAK mu dan Penuhi semua Kewajibanmu kepada Bangsa dan Keluargamu

CARI ARTIKEL LAIN DISINI

Label

Kenali saya lebih dekat disini

Foto saya
DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Indonesia
Memegang teguh nilai nilai etika dan Nasionalisme. Kejujuran dalam membemberikan informasi dan pengetahuan kepada Klien itu HARUS. Jangan ambil yang bukan HAK mu dan Penuhi semua Kewajibanmu kepada Bangsa dan Keluargamu

BADAN AUDIT SERTIFIKASI

Translate