Bisnis =Konsistensi
JASA KONSULTAN RESTO INDONESIA I 0812 8811 5191
Konsistensi Membawa Percepatan
Pada Apapun Termasuk Performance Bisnis Anda.
Dalam tulisan ini saya coba
berbagi dengan anda semua berdasar pada ilmu yang sedikit yang saya miliki dan
pengalaman yang saya dapati ketika berhadapan dengan semua problem yang terjadi
di hampir setiap unit bisnis terkhusus bisnis layanan dan kuliner atau biasa
orang-orang mengenalnya food & beverage.
Kalau saya analogikan ini sama
dengan ketentuan Allah Tuhan semesta alam. Tuhan lebih menyukai umatnya yang
beribadah dengan konsisten walau hanya sedikit atau yang wajib- wajibnya saja.
Tuhan tidak menginginkan kita beribadah hari ini berlebih- lebihan atau
kebanyakan tetapi justru besoknya kita menyerah karena tidak bisa konsisten
menjaga porsi ibadah tadi yang sudah pertama kali kita niatkan dan kita jalani.
Begitu juga dengan dunia
bisnis. Customer atau pelanggan juga lebih menyukai dan mengapresiasi ketika bisnis
layanan maupun kuliner tersebut bisa menjaga konsistensi performa
layanan dan produknya dengan seksama. Sebagai contoh, untuk bisnis layanan
telah di tetapkan sesuai prosedur bahwa mereka harus melakukan greeting
terhadap setiap customer atau pun guest yang bertamu ke RESTOURANT atau unit
bisnis mereka. Ternyata setelah beberapa waktu layanan greeting yang sudah di
apresiasi guest dan customer tersebut tidak dilakukan lagi oleh staff yang
telah ditunjuk oleh atasannya sesuai dengan posisi dan job desk mereka.
Apa yang akan terjadi. Pertama guest atau customer pasti akan kaget dan
bertanya- tanya. Kenapa ini?. Biasanya
saya atau kami berkunjung ke resto ini kami di greeting dengan ramah dan sopan
membuat kami senang dan ingin lagi untuk berkunjung ke resto ini. Tapi sekarang
apa yang terjadi. Mereka sudah tidak menerapkan itu lagi. Yang ada di benak
customer adalah muatan negatif yang menyatakan kualitas dari servicenya
telah menurun dengan drastis. Atau mereka berpikiran ini pasti kebijakan atas
aturan atau kepemimpinan yang baru yang kurang competent dan credible.
Contoh lain. Misal ada produk makanan yang biasanya disajikan dengan porsi yang cukup sesuai dengan standar presentasi yang mengagumkan, rasa yang fantastis yang dapat membuat customer ketagihan dan membuat customer untuk kembali dan kembali lagi ke resto tersebut. Tapi sekarang hal itu semua telah hilang. Makanan yang disajikan sudah tidak memenuhi porsi yang cukup lagi sesuai standar. Presentasi atau penyajian yang kotor atau amburadul acak- acakan yang sama sekali tidak eye-catching lagi. Rasa yang tidak seperti dulu lagi yang membuat lidah customer terbelalak untuk menikmati makanan yang ada di resto tersebut. Pastinya customer yang sudah menjadi langganan yang biasa disebut regular customer pasti akan kecewa dan merasa resto tersebut sudah tidak qualified lagi untuk di kunjungi dan menjadi RESTO FAVORITE bagi mereka lagi.
Penyebab ini akan menjadi
penyakit yang akan menggerogoti resto tersebut hingga pada akhirnya akan
kehilangan regular customer mereka dan juga akan menurunkan angka
new customer mereka yang berniat berkunjung untuk menikmati dan mencicipi
makanan dan minuman yang sudah mendapat tempat di hati para langganannya.
Penurunan kualitas dan kinerja
layanan dan produk ini yang tidak bisa menjaga konsistensinya akan berdampak
secara langsung pada sales performance atau kinerja penjualan
bisnis tersebut yang cepat atau lambat kalau tidak di follow up dan diadakan
action terhadap penyakit ini akan sangat berdampak buruk terhadap
keberlangsungan resto ini. Dengan kata lain, resto ini akan mengalami
chaos atau kebangkrutan yang akan menghampirinya.
JASA KONSULTAN RESTO INDONESIA I 0812 8811 5191
Jadi kesimpulan dari semua ulasan
saya ini, terkhusus buat owner atau pemilik bisnis terutama restaurant,
cafe, bar dan sejenis harus bisa mencium
ketidak- konsistenan kinerja bisnis anda. Anda harus jeli dan harus bisa
mencium ketidak-beresan kinerja sumber dayanya dan dengan cepat di review dan
di follow-up sekaligus diambil tindakan yang tepat dalam menyikapi dan
mengobati penyakit yang akan menggerogoti unit bisnis anda.
Ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan untuk mencegah penyakit inkonsistensi ini muncul dalam unit bisnis
anda.
Pertama, anda harus perhatikan
objek yang berada dalam lingkaran unit bisnis anda. Objek disini berupa aturan,
kebijakan, prosedur standar termasuk perangkat keras pendukungnya yang akan
atau telah di tetapkan di unit bisnis anda untuk diimplementasikan.
Kedua, anda perhatikan
prediketnya. Seperti apakah semua objek diatas telah diimplementasikan.apakah
sudah sesuai dengan kerangka kerja dan program dan keinginan perusahaan dalam
mencapai tujuan dan kejayaan. Bagaimana objek tersebut diterapkan, dijalankan
serta disosialisasikan dalam lingkungan kerja. Apakah penerapannya sudah
memenuhi standar atau belum.
Ketiga, perhatikan subjeknya.
Artinya, siapa sumber daya yang akan mengaplikasikan dan mengimplementasikan
semua objek tadi dalam operasional di lapangan. Apakah subjeknya sudah memenuhi
syarat apa belum. Apakah subjek memiliki competency yang cukup untuk
menerjemahkan semua objek tadi dengan efektif dan efisien dilapangan.
Jika anda membutuhkan refreshment
dalam bentuk rekomendasi- rekomendasi, anda dapat bertukar pikiran dengan orang
yang kompeten yang memiliki ilmu dan pengalaman sesuai dengan jenis bisnis anda
atau kalaupun anda sulit menemukan orang yang tepat, anda dapat berkonsultasi
dengan Jasa konsultan
yang berintegritas dan memiliki product dan knowledge yang cukup dan dapat
dipertanggung-jawabkan sehingga anda tidak membuang-buang waktu dan uang
untuk segera menyelesaikan permasalahan bisnis anda demi sustainability
bisnis anda kedepan.
Saran saya, anda dapat memilih
konsultan-konsultan Resto yang sudah teruji
ilmu dan pengalamannya. Jadi bukan hanya berdasar pada teori semata atau
bersifat apriori. Lebih baik anda kehilangan beberapa
"penny"untuk waktu sekarang
demi mengobati penyakit yang menggerogoti bisnis anda ketimbang anda mengalami
kerugian yang nilainya fantastis karena resto anda harus tutup
atau divonis bangkrut. Hubungi
Kami JASA KONSULTAN RESTO INDONESIA I 0812 8811 5191. Yang siap memberikan
konsultasi untuk seluruh Indonesia.
Penulis: Konsultan F and B senior Mr. Alan
MORE DETAIL ABOUT US, PLS VISIT HERE: http://www.dpkonsultan.com/jasa-konsultan-restoran-studi-kelayakan-restoran-jasa-set-up-restoran-konsultan-restoran-hotel/
0 komentar:
Posting Komentar