Telp/Wa: +62813 801 631 85 - www.dpkonsultan.com - jasa konsultan iso 9001, iso 9001, badan sertifikasi iso 9001, jasa konsultan SERTIFIKASI ISPO, jasa konsultan csms, ahli CSMS, jasa csms, jasa konsultan SERTIFIKASI OHSAS 18001, SERTIFIKASI BPOM, jasa sertifikasi SKT MIGAS, jasa studi kelayakan, konsultan business plan, AHLI HSE PLAN, supply chain consultant, JASA IZIN SIPA, UKLUPL, AMDAL, IZIN LIMBAH B3, IPLC, SPPL, SERTIFIKASI ISO 14001, SUPPLY HSE OFFICER, TRAINING ISO, Set Up Restoran

Rabu, 31 Desember 2014

Feasibility Study - Definition


TELP 081380163185 | 087884302987



Pengertian studi kelayakan bisnis adalah penelitian yang menyangkut berbagai aspek baik itu dari aspek hukum, sosial ekonomi dan budaya, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis, dan teknologi sampai dengan aspek manajemen dan keuangannya, dimana itu semua digunakan untuk dasar penelitian studi kelayakan dan hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan oleh manajemen apakah suatu  bisnis dapat dikerjakan atau ditunda dan bahkan tidak dijalankan sama sekali??

Aspek yang terdapat pada feasibility study/studi kelayakan proyek bisnis yang terdiri dari berbagai aspek yang sudah disebutkan di atas antara lain :

Berkaitan dengan keberadaan secara legal dimana proyek akan dibangun yang meliputi ketentuan hukum yang berlaku termasuk :

Akte pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk badan hukum lainnya.
 NPWP (nomor pokok wajib pajak),  surat tanda daftar perusahaan,  Surat izin tempat usaha dari pemda setempat,   Surat tanda rekanan dari pemda setempat,   SIUP setempat,  Surat tanda terbit yang dikeluarkan oleh Kanwil Departemen Penerangan

2.  Izin Lokasi
Sertifikat (akte tanah), Bukti pembayaran PBB yang terakhir, Rekomendasi dari RT / RW /Kecamatan

Misalnya. Dampak yang diberikan kepada masyarakat karena adanya suatu proyek tersebut . melakukan kajianan terhadap kehidupan masyarakat setempat, kebiasaan adat setempat.
3.1 Dari sudut ekonomi,
Apakah proyek dapat meningkatkan  atau justru mengurangi income percapita panduduk setempat.
Seperti seberapa besar tingkat pendapatan per kapita penduduk, pendapatan nasional atau upah rata-rata tenaga kerja setempat atau UMR sebelum dan sesudahnya kegiatan tersebut, dll.
3.2 Dan dari segi sosial
3.3 Aspek teknis dan teknologi
Analisa resiko, kebijakan resiko yang dikembangkan dan penaggulangannya.
3.5 Aspek pasar dan peluang pemasaran.
Berkaitan dengan adanya peluang pasar untuk suatu produk yang akan di tawarkan oleh suatu proyek tersebut :
Potensi pasar, misalnya, market profile, analisa supply and demand
Jumlah konsumen potensial, konsumen yang mempunyai keinginan atau hasrat untuk membeli.Tentang perkembangan/pertumbuhan penduduk :
Daya beli, kemampuan konsumen dalam rangka membeli barang mencakup tentang perilaku, kebiasaan, preferensi konsumen, kecenderungan permintaan masa lalu, dll.
3.7. Industry analysis, product positioning analysis
tentang total project cost, revenue analysis, proyeksi laba rugi, cash flow dan balance sheet, analisis investasi (VPV, IRR, PP, B/C Ratio, cash flow dan net profit analysis.
3.9 Analisa Environmental
3.10 Aspek politik

 UNTUK DETAIL INFORMASI KONSULTAN FEASIBILITY STUDY I STUDI KELAYAKAN INI, SILAHKAN MENGHUBUNGI KAMI DI:


 pengertian studi kelayakan, aspek sosial ekonomi bisnis, aspek politik dalam bisnis, legalitas hukum dan izin usaha, aspek manajemen dan tehnologi bisnis, aspek manajemen bisnis, jasa pengurusan izin
Share:

Cari artikel lain disini

Label

Daftar Blog Saya

Translate