Minggu, 25 Januari 2015

JASA SERTIFIKASI ISPO I PERKEBUNAN KELAPA SAWIT








Sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian No 19/ Permentan/ OT 140/ 3/ 2011 Tahun 2011 mengenai Persyaratan Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan atau Indonesian Sustainable Palm Oil ( ISPO) , maka mulai tahun 2014 semua perusahaan perkebunan kelapa sawit diwajibkan untuk memiliki sertifikasi ISPO. Untuk itu kami sebagai lembaga konsultan ISPO meyediakan konsultasi penyusunan dokumen sampai kepada pendampingan dalam melakukan proses persiapan, audit dan perijinan perkebunan kelapa sawit untuk bisa mendapatkan penilaian sesuai dengan standarisasi ISPO serta dinyatakan LULUS. Pemerintah pun akan melarang ekspor produk minyak sawit mentah (CPO) jika perusahaan tidak mengantongi sertifikat ISPO mulai tahun 2014.
Beberapa hal yang diterapkan dalam pembukaan lahan kelapa sawit baru sesuai prinsip ISPO yaitu:


5.   Untuk pembukaan lahan gambut hanya dilakukan pada lahan kawasan budidaya dengan ketebalan gambut 3 meter, kematangan saprik (matang) dan hemik (setengah matang) dan di bawah gambut bukan merupakan lapisan pasir kuarsa atau lapisan tanah sulfat asam serta mengatur drainase untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.
6.   Khusus untuk lahan gambut harus dibangun sistem tata air (water management) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
7.   Pembuatan sarana jalan, terasering, rorak, penanaman tanaman penutup tanah dalam rangka konservasi lahan.
8.   Tersedianya rencana kerja tahunan (RKT) pembukaan lahan baru.
9.   Kegiatan pembukaan secara terdokumentasi (dan pernyataan pelaku usaha bahwa pembukaan
lahan dilakukan tanpa bahan bakar.)
10.  Dan lain-lain

PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

Indonesia sangat bersyukur karena di berikan lahan yang subur untuk perkebunan kelapa sawit. sering kita dengar istilah perkebunan kelapa sawit sumatera, perkebunan kelapa sawit kalimantan, perkebunan kelapa sawit sulawesi, papua, aceh dan seterusnya. itu artinya setiap wilayah indonesia layak dan dapat di tanami kelapa sawit, artinya apa??? itu berarti alangkah disayangkan apabila perkebunan kelapa sawit tidak melakukan sertifikasi atas perkebunan kelapa sawitnya sendiri.
yang mana akan beresiko terhadap masa depan perkebunan itu sendiri. disamping sistem ini diciptakan khusus untuk menambahkan daya saing indonesia, juga dalam sistem operasional, maintenance perkebunan itu akan semangkin baik dan profesional.


Kami  Jasa konsultan ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil System) berpengalaman di Indonesia, silahkan menghubungi konsultan ISPO di : 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Indonesia
Memegang teguh nilai nilai etika dan Nasionalisme. Kejujuran dalam membemberikan informasi dan pengetahuan kepada Klien itu HARUS. Jangan ambil yang bukan HAK mu dan Penuhi semua Kewajibanmu kepada Bangsa dan Keluargamu

CARI ARTIKEL LAIN DISINI

Label

BADAN AUDIT SERTIFIKASI

Translate